Home » ONGKOS KIRIM BARANG

ONGKOS KIRIM BARANG

ONGKIR MAHAL ????

Banyak  dari Anda mungkin masih bingung, apa sih perhitungan volumetrik itu? Atau Anda mungkin merasa ada yang salah ketika memaketkan suatu barang sudah Anda hitung beratnya hanya 1 kg, namun pihak agen pengiriman mengatakan beratnya 2 kg. Untuk para pebisnis barang online yang pasti disibukkan dengan aktivitas pengiriman barang, Anda akan berurusan dengan hal ini dalam menghitung ongkos kirim setiap kali Anda menerima pesanan. Anda harus menyimak artikel ini baik-baik.

 

Berat Aktual vs Berat Volumetrik

Sebagai permulaan, Anda harus mengetahui perbedaan antara berat aktual dengan berat volumetrik. Berikut penjelasannya.

 

Berat Aktual

Berat aktual biasa Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berat aktual adalah berat suatu barang bila Anda mengukurnya di atas timbangan. Misalnya, Anda menimbang beras seberat 5 kilogram. Namun, biasanya berat barang-barang yang dikirim tidak selalu bulat. Ada saatnya Anda harus mengirim baju seberat 3,7 kilogram atau handuk seberat 1,4 kilogram.

Nah, untuk perhitungan ini, pihak agen pengiriman akan membulatkan berat barang tersebut ke atas. Misalnya, baju seberat 3,7 kg tadi dihitung sebagai 4 kg. Itulah yang disebut berat aktual.

 

Berat Volumetrik

Berat volumetrik adalah berat yang didapat dari hasil penghitungan volume barang. Untuk JNE, perhitungan berat volumetrik adalah sebagai berikut:

Panjang (cm) x Lebar (cm) x Tinggi (cm)

_______________________________ x 1 Kg

6000

Nah, misalkan Anda mengirimkan sebuah jam tangan yang Anda kemas dalam kardus mie instan. Anggap saja panjang kardus adalah 50 cm, lebar kardus adalah 30 cm, dan tinggi kardusnya 40 cm. Pakai saja rumus yang tadi untuk menghitung berat volumetrik barang yang Anda kirimkan.

50 cm x 30 cm x 40 cm

___________________x 1 Kg = 10 kg

6000

Maka, hasilnya adalah 10 kg. Mudah, bukan?

 

Perhitungan mana yang dipakai?

Kedua perhitungan tersebut sama-sama dipakai sesuai kondisi tertentu. Bila barang yang Anda kirimkan kecil dan berat, maka akan dipakai perhitungan berat aktual. Namun bila barang Anda ringan tetapi pengemasannya memakan banyak tempat, barang Anda akan dihitung sesuai dengan perhitungan volumetrik.

 

Jadi, KARNA TAS ANYAMAN ITU BESAR,,, TIDAK BISA DILIPAT,, jadi kena 2 kilo volume .. tapi untuk tas gajih. dan  vintage yang bisa dilipat,,, ongkir 1 kilo bisa 1 ato 2 tas.. mohon pengertiannya,, dan jika keberatan dengan ongkir,, komplain ke jasa pengiriman langsung,,

Copyrights © 2013 Tas Kerajinan Jogja | Developed By JogjaSite